Minggu, 15 Februari 2009

HINDARI VIRUS STRESS

Slide 2

AKIBAT STRESS

  • Tekanan pekerjaan yang berlebihan bisa mengakibatkan stress.
  • Stress berkepanjangan bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  • Dengan tingkat stress tinggi punya kemungkinan terkena serangan jantung 2 kali lipat dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan tingkat stress rendah.
  • Menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan kanker.


KERUGIAN BESAR AKIBAT STRESS

Penelitian yang dilakukan The National Mental Health Association (NMHA) bahkan menyatakan bahwa rata-rata perusahaan di Amerika menghabiskan sekitar $150 milyar pertahun untuk menangani masalah kesehatan karyawan yang disebabkan oleh stress.


Apakah Anda sedang mengalami stress?

Jawab pertanyaan berikut ini untuk mengetahuinya!

  • Apakah Anda sering berangkat ke kantor dengan terburu-buru dan panik ?
  • Apakah Anda sering makan siang di meja atau bahkan lupa makan untuk menyelesaikan pekerjaan?
  • Apakah Anda sering merasa terlalu letih untuk melakukan aktifitas sesudah jam kerja?
  • Apakah Anda sering mengingat kembali pekerjaan dan persoalannya sebelum tidur?
  • Apakah Anda sering bermimpi tentang pekerjaan Anda?
  • Apakah Anda sering menunda liburan karena terlalu sibuk?

Jika jawaban Anda kebanyakan adalah Ya, kemungkinan besar Anda telah terinfeksi virus stress tanpa Anda sadari.

Sebuah penelitian dari American Stress Institute (AIS) bahkan menambahkan bahwa gejala gangguan fisik seperti sering sakit kepala, rahang kaku atau nyeri, sakit di bagian leher, sakit punggung dan alergi yang tiba-tiba muncul bisa disebabkan oleh stress yang berkepanjangan.


Tips me-reprogram hidup yang telah terinfeksi virus stress.

1. Berdoalah!

Sehebat apapun kita, kita tetap ciptaan Tuhan, jadi kembalilah ke hakiki kemanusiaan kita.

2. Ingat, untuk siapa Anda bekerja.

Tutup mata Anda dan bayangkan wajah orang-orang yang Anda kasihi jika mungkin wajah anak, pasangan atau orang tua dan pastikan bahwa demi merekalah Anda bekerja.

3. Tuliskan rencana kerja Anda.
Selain untuk memaksimalkan waktu, menuliskan rencana kerja juga berfungsi sebagai reminder progress target Anda.

4. Buat prioritas.
Hanya ada 24 jam dalam sehari dan Anda tidak mungkin bekerja sepanjang waktu. Jangan ragu untuk mendelegasikan pekerjaan.

5. Hidup sehat dan seimbang.
Makan yang sehat, olahraga dan istirahat cukup.

6. Be positive!
Cari sisi positif dari tiap tekanan yang datang. Hindari negativity, karena akan menguras energi Anda.


RENUNGAN

Sebagai seorang pemimpin, di pundak Anda terletak hajat hidup orang-orang yang Anda kasihi, termasuk bawahan Anda. Jika Anda stress berkepanjangan, maka mereka akan jadi korban pertama. So, reprogram hidup Anda sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar